Beranda | Artikel
Bukan Manhaj Alternatif (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)
Sabtu, 7 Oktober 2017

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Yahya Badrusalam

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Download Materi

Berikut adalah materi tentang pokok-pokok manhaj Salaf yang menjadi pembahasan dari kajian ini, yang dikutip dari Al-Mukhtashar Al-Hatsits Fi Bayani Ushuli Manhaji As-Salaf Ash-habi Al-Hadits (المختصر الحثيث في بيان أصول منهج السلف أصحاب الحديث في تلقي الدين وفهمه والعمل به والدعوة إليه).

[wpdm_file id=70]

Ringkasan Ceramah: Bukan Manhaj Alternatif

Apa Itu Manhaj Salaf?

Manhaj dari kata “نهج، ينهج، نهجاً، ومنهجاً“, artinya adalah kaidah-kaidah dan batasan-batasan (ﻗﻮﺍﻋﺪ ﻭﺿﻮﺍﺑﻂ) yang memberikan kepada kita pemahaman dalam memahami suatu permasalahan. Atau dalam bahasa Indonesia, kita terjemahkan ringkasnya (sebagai) metoda.

Salaf secara bahasa artinya “yang telah terdahulu”, sebagaimana Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepada Fathimah dalam riwayat An-Nasa’i. Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepada Fathimah radhiyallahu ‘anha:

ونعم السلف أنا لك

“Sebaik-baik salaf untukmu adalah aku.”

Nabi menamakan dirinya ‘salaf‘, sebagai pendahulu Fathimah radhiyallahu ‘anha.

Adapun secara istilah, maka para ulama sering memutlakkan kata salaf itu untuk 3 (tiga) generasi, yaitu sahabat, tabi’in, dan tabi’ut tabi’in, sebagaimana dikatakan oleh Al-Imam Al-Ghazali, demikian Al-Baijuri, Adz-Dzahabi, dan yang lainnya. Kenapa tiga generasi ini? Karena tiga generasi inilah yang dipuji langsung oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam haditsnya yang mutawatir dengan lafadz:

“Sebaik-baiknya manusia adalah generasiku, kemudian generasi setelahnya, kemudian generasi setelahnya.”

Download Ceramah Agama: Ustadz Abu Yahya Badrusalam – Bukan Manhaj Alternatif



Artikel asli: https://www.radiorodja.com/27947-bukan-manhaj-alternatif-ustadz-abu-yahya-badrusalam-lc/